Berpikir Komputasional (Computational Thinking) adalah suatu cara berpikir sistematis dan logis yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip yang digunakan dalam pengembangan program komputer. Berpikir Komputasional melibatkan kemampuan untuk mengorganisir dan menganalisis data secara sistematis, mengidentifikasi pola-pola, merancang dan mengimplementasikan solusi, serta mengevaluasi dan memperbaiki solusi yang ada.
Untuk akses rangkuman semua bab, silahkan klik menu di bawah ini!
Daftar Isi
Bab 2 Berpikir Komputasional
Apa itu berpikir komputasional?
Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan masalah (problem solving), untuk menemukan solusi yang efisien, efektif, dan optimal sehingga solusinya bisa dijalankan oleh manusia maupun mesin.
>> Contoh :
- Robot yang bertugas melayani penjualan di restoran
- Robot yang mengantarkan obat untuk pasien di rumah sakit
- Sistem computer untuk memantau perkebunan kelapa sawit yang siap panen
>> Fondasi berpikir :
- Abstraksi, menyarikan bagian penting dari suatu masalah & mengabaikan yang tidak penting
- Algoritma, menuliskan otomasi solusi melalui berpikir algoritmik (langkah urut) untuk mencapai suatu solusi (tujuan)
- Dekomposisi, formulasi persoalan sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien menggunakan computer sebagai alat bantu.
- Pengenalan pola persoalan, generalisasi serta mentransfer proses penyelesaian persoalan ke persoalan lain yang sejenis
Pencarian (Searching)
- Adalah menemukan “sesuatu” yang bisa berupa benda, angka, konsep, informasi yang memenuhi kriteria tertentu dalam suatu ruang pencarian.
- Contoh masalah pencarian :
- Mencari buku dengan judul tertentu di rak perpustakaan
- Mencari pakaian batik seragam diantara berbagai tumpukan buku lain
- Mencari dokumen/web tertentu dengan mesin pencari seperti Google
- Elemen pada masalah pencarian :
- Sekumpulan benda atau objek
- Kriteria dari benda atau objek yang dicari
- Pengecekan benda atau objek, untuk memeriksa apakah ia memenuhi kriteria pencarian
Pengurutan (Sorting)
- Merupakan suatu permasalahan klasik pada komputasi yang dilakukan untuk mengatur agar suatu kelompok benda, objek, atau entitas diletakkan mengikuti aturan tertentu.
- Teknik pengurutan :
Insertion Sort : adalah suatu teknik yang digunakan untuk permasalahan pengurutan dalam list (daftar objek) dengan cara menyisipkan ekemen satu persatu sesuai dengan urutan besar kecilnya elemen, proses pengurutan :
>> Iterasi pertama : tinjau bilangan kedua, bandingkan dengan bilangan pertama dan kedua
>> Iterasi kedua : ambil bilangan ketiga, bandingkan dengan bilangan sebelumnya
>> Iterasi ketiga : ambil bilangan keempat, bandingkan dengan bilangan yang sebelumnya
>> Iterasi keempat : ambil bilangan kelima, bandingkan dan tukar jika lebih kecil atau lebih besar dengan sebelumnya.
Selection Sort : adalah suatu Teknik dengan menyeleksi bilangan terkecil/terbesar dari daftar bilangan yang belum terurut dan meletakkannya dalam daftar bilangan baru yang dijaga keurutannya, langkah-langkah teknik pengurutan :
>> Cari bilangan terkecil yang ada pada bagian belum terurut
>> Tukar bilangan dengan bilangan pertama bagian belum terurut, masukkan ke bagian terurut.
>> Ulangi langkah 1 dan 2 hingga habis.
Contoh tabel selection sort :
Bagian Terurut Bagian yang belum terurut Nilai terkecil dari bagian yang belum terurut () (2,3,7,6,5) 2 (2) (3,7,6,5) 3 (2,3) (7,6,5) 5 (2,3,5) (6,7) 6 (2,3,5,6) (7) 7 (2,3,5,6,7) 0
>> Iterasi pertama : cari bilangan terkecil di bagian belum terurut, ditemukan 2 sebagai bilangan terkecil. Tukar bilangan 2 dengan bilangan pertama belum terurut
>> Iterasi kedua : cari bilangan terkecil di bagian belum terurut, ditemukan 3 sebagai bilangan terkecil. Tukar bilangan 3 dengan bilangan pertama belum terurut
>> Iterasi ketiga : cari bilangan terkecil di bagian belum terurut, ditemukan 5 sebagai bilangan terkecil. Tukar bilangan 5 dengan 7
>> Iterasi keempat : cari bilangan terkecil di bagian belum terurut, ditemukan 6 sebagai bilangan terkecil. Tukar bilangan 6 dengan bilangan pertama belum terurut.
Tumpukan (Stack) dan Antrean (Queue)
Antrean (Queue) : Objek disimpan dalam metode penyimpanan berupa antrean (objek pertama akan mendapat giliran terdahulu)
>> Disebut juga prinsip First In First Out (FIFO)
>> Contoh :
- Antrean pelayanan rumah sakit, pembelian tiket KAI, dsb.
- Tumpukan (Stack) : Objek disimpan dalam metode penyimpanan menyerupai tumpukan (objek pertama yang lebih dulu disimpan akan keluar paling akhir)
>> Disebut juga prinsip Last In First Out (LIFO)
>> Contoh :
- Tumpukan piring yang akan disimpan ke rak piring
Istilah – istilah dalam Queue dan Stack :
- Undo : Berfungsi untuk membatalkan, mengembalikan, atau mengulangi tindakan
- Redo : Berfungsi untuk membatalkan undo
- Back : Berfungsi untuk kembali ke halaman website yang sebelumnya
- Forward : Berfungsi untuk maju ke halaman web selanjutnya
- Printer : Bertugas untuk mencetak dokumen yang dikirimkan dari computer
- Enqueue : Berfungsi untuk memasukkan sebuah bilangan bulat ke dalam queue
- Dequeue : Berfungsi membuang/mengeluarkan bilangan yang berada pada posisi pertama antrean
- Push : Digunakan untuk menyimpan nilai ke dalam stack
- Pop : Digunakan untuk mengeluarkan angka yang berada di atas tumpukan saat ini