Informatika adalah bidang studi yang berkaitan dengan pengolahan data, penggunaan komputer, teknologi informasi, dan komunikasi. Informatika mempelajari bagaimana data dapat dikelola, disimpan, diproses, dan dikomunikasikan menggunakan komputer dan perangkat lunak terkait. Informatika memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang, seperti bisnis, ilmu pengetahuan, teknologi, kesehatan, dan lain-lain.
Untuk akses rangkuman semua bab, silahkan klik menu di bawah ini!
Berikut rangkuman materi informatika kelas 10 Bab 1 Informatika dan Ketrampilan Generik.
Daftar Isi
Informatika dan Keterampilan Generik
Tentang Informatika di Sekolah Menengah Atas
Apa dan Mengapa Informatika?
- Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan system komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut
- Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan computer untuk memecahkan masalah-masalah sains.
>> (Menurut KBBI) Komputasi adalah :
- Penghitungan dengan menggunakan computer
- Dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.
- Computational Thinking adalah landasan berpikir untuk belajar informatika, dengan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software) dan menalar (reasoning) mengenai system dan persoalan
- Informatika dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik (Computational Thinking) dan berbeda dari bidang ilmu yang lainnya.
Informatika di Era Industri 4.0
- Era Industri disebut juga era digital
- Ciri-ciri era digital :
>> Banyak memanfaatkan mesin cerdas (berupa komputer, gadget dan internet) untuk berbagai kegiatan, seperti:
- Berkomunikasi
- Bermain
- Memesan makanan
- Memesan transportasi
- Mendaftar sekolah
- Belajar daring
>> Segala sesuatu dapat diselesaikan secara cepat, tepat, dan otomatis, contoh :
- Robot pembersih rumah
>> Ditemukan beragam cara untuk melakukan kegiatan sehari-hari, contoh :
- Pembeli tidak lagi harus keluar rumah untuk membeli suatu barang (offline), pembeli dapat langsung membeli kebutuhannya melalui online shop
- Penjual bisa berjualan dari rumah, tanpa mempunyai kios atau toko secara
Tahapan Industri :
- Industry 1.0 : Meliputi mechanization (mekanisasi), steam power (tenaga uap), weever loom (alat tenun)
- Industry 2.0 : Meliputi mass production (produksi massal), assembly line (jalur perakitan), electrical energy (energi listrik)
- Industry 3.0 : Meliputi automation (otomasi), computer (computer), electronics (elektronik)
- Industry 4.0 : Meliputi cyber physical system (sistem fisik cyber), internet of things, network (jaringan)
Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?
- Transformasi digital : proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk mengubah praktik pekerjaan dan bahkan kehidupan sehari-hari menjadi “digital”, yaitu lebih banyak memakai sistem komputer.
>> Dampak :
- Masyarakat menjadi semakin melek digital
- Perangkat keras (hardware) semakin canggih dan menjadi semakin murah serta berkinerja tinggi
- Perangkat lunak semakin mudah dioperasikan
- Sistem beroperasi lebih efisien dan efektif.
- Big Data : adalah istilah yang menggambarkan data terstruktur maupun tidak terstruktur yang bervolume besar, yang cepat pertumbuhannya.
>> Fungsi :
- Dalam organisasi dan bisnis, big data dapat dipakai untuk membantu proses pengambilan keputusan yang strategis dengan menggali halaman web yang dapat diakses secara public.
- Artificial Intelegent (AI) : adalah kecerdasan buatan, yang memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia
>> Contoh :
- Komputer yang bermain catur
- Mobil tanpa awak (autonomous car)
Keterampilan Generik
Kolaborasi : adalah proses dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan.
Ciri kolaborasi yang baik :
- Adanya sikap kepemimpinan dalam suatu kelompok
- Pembagian tugas dan peran yang adil
- Komunikasi antar anggota kelompok baik
- Manfaat kolaborasi :
- Mendapat alternatif solusi dari berbagai sudut pandang
- Menentukan solusi yang diimplementasi secara demokratis
- Menyelesaikan tugas dengan lebih cepat (efektif dan efisien)
- Memupuk semangat gotong royong
Komunikasi : hasil kerja yang telah dibuat perlu disampaikan (dikomunikasikan) dengan baik pada pihak yang berkepentingan (pemberi kerja, khalayak umum, dsb)
Cara berkomunikasi :
Presentasi : adalah laporan tertulis (artefak komputasional) – menjelaskan produk yang telah dihasilkan dengan lisan berdasarkan garis besar (outline).
Hal yang perlu diperhatikan dalam konten presentasi :
- Mengandung bagian penting yang menunjukkan alur logika dari paparan dengan runtut
- Ringkasan, agar dalam waktu singkat mendengarnya
- Latar belakang
- Paparan utama
- Penutup, kesimpulan
- Ditulis dalam Bahasa yang sesuai, hanya butir-butir/kata kunci dalam kalimat
Hal yang perlu diperhatikan dalam tampilan presentasi :
- Ukuran huruf cukup besar dan terbaca
- Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi
- Jumlah slide/lembar sesuai dengan waktu yang disampaikan
Ciri presentasi yang baik :
- Siapkan bahan presentasi dengan baik dan menarik
- Siapkan alat bantu seperti alat penunjuk
- Perhatikan siapa pendengarnya dan konteks presentasi
- Paparkan dengan bahasa lisan yang baik, jelas, tidak menggumam
- Pakai bahasa tubuh yang baik, tanpa banyak gerakan mengganggu
- Sampaikan dengan alur logika yang runtut, dari awal hingga akhir
Saat tanya jawab :
- Jawab ringkas dan tegas
- Jika tidak paham pertanyaan, rangkum & ulangi serta klarifikasi.
Demo produk
Infografis : berisi teks dan gambar atau grafik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud.
Hal yang perlu diperhatikan dalam konten infografis :
- Tujuan infografis dibuat (persuasi, edukasi atau nasihat)
- Kepada siapa infografis ditujukan
- Konten harus benar, masuk akal, jelas sumbernya
Hal yang perlu diperhatikan dalam tampilan infografis :
- Pemilihan kata kunci
- Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenis huruf
- Pemilihan ilustrasi (grafik, gambar)
- Tata warna sesuai konteks tema infografis
- Tata letak yang baik