materi biologi

Katabolisme dan Anabolisme Karbohidrat

Posted on
Advertisements

Karbohidrat merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai ringkasan terkait materi Biologi Katabolisme dan Anabolisme Karbohidrat pada Bab 4 Kelas 12, berkut pembahasannya. 

Katabolisme dan Anabolisme Karbohidrat

Katabolisme dan Anabolisme Karbohidrat
Photo by Engin Akyurt on Pexels.com

Katabolisme Karbohidrat

Katabolisme adalah reaksi pemecahan senyawa yang kompleks sehingga menjadi senyawa lebih sederhana yang disertai pembebasan energi pada bentuk ATP. Contoh dari Katabolisme adalah proses respirasi. 

Tahap Proses Katabolisme

Proses katabolisme karbohidrat dimaksud yaitu respirasi sel. Respirasi sel ini berlangsung pada mitokondria dari proses glikolisis, yang dilanjutkan oleh proses dekarboksilasi oksidatif lalu siklus Krebs, yang mana setiap tingkatan proses tersebut dihasilkan oleh energi yaitu ATP serta hydrogen.

Hydrogen berenergi gabung bersama akseptor hydrogen agar dapat dibawa transfer elektron, energy dilepaskan serta hydrogen yang diterima O2 menjadi H2O. 

Glikolisis

Glikolisis adalah rangkaian reaksi pengubahan molekul glukosa menjadi asam piruvat menghasilkan ATP serta NADH. Sifat-sifat glikolisis yaitu:

  1. Berlangsung dengan cara anaerob.
  2. Pada glikolisis ada aktivitas enzimatis serta ATM dan ADP.
  3. ADP serta ATP memiliki peran untuk pemindahan fosfat dari molekul satunya terhadap molekul lain. 
Dekarboksilasi Oksidatif/Reaksi Transisi atau Reaksi Antara

Setiap asam piruvat hasil dari glikolisis yang bereaksi bersama Nikotinamid Adenin Dinukleotida / NAD serta Koenzim A/Ko-A membentuk Asetil Ko-A pada reaksi berlangsung pada mitokondria yang akan terjadi pengurangan 1 atom C pada bentuk CO2

Daur Asam Sitrat / Siklus Krebs

Dikenal dengan siklus TCA/trikarboksilat karena asam sitrat adalah satu senyawa intermediet terdiri dari tiga gugus asam karboksilat

Rantai Transpor Elektron

Hitungan ATP dihasilkan terhadap respirasi aerob mulai dari glikolisis, siklus krebs, dekarboksilasi oksidatif, hingga rantai transport elektron

Respirasi Aerob serta Respirasi Anaerob

Respirasi aerob adalah sebuah proses pernapasan memerlukan oksigen dari udara. Respirasi anaerob disebut juga dengan fermentasi maupun respirasi intramolekul adalah reaksi tidak perlukan oksigen bebas dari udara. Tujuan dari fermentasi ini sama dengan respirasi aerob, adalah mendapat energy. 

Fermentasi Alkohol

Terjadi terhadap beberapa mikroorganisme seperti ragi/jamur. Proses fermentasi alkohol adalah suatu pemborosan, karena sebagian besarnya dari energy terkandung pada molekul glukosa yang masih ada pada molekul, ini yang sebabkan etanol bisa digunakan sebagai bahan bakar secara alternative

Fermentasi Asam Laktat

Terjadi dikarenakan sel-sel otot bekerja sangat berat, energy tersedia tidak begitu seimbang dengan kecepatan pemanfaatan suatu energi karena kadar oksigen nya yang ada tidak hanya cukup respirasi aerob maupun respirasi sel, hinga proses perombakan moleku glukosanya untuk hasilkan ATP tidak bisa berlangsung dengan cara aerob

Anabolisme Karbohidrat

Anabolisme adalah penyusunan senyawa kompleks/organic dari senyawa yang sederhana menggunakan energy, misalnya proses fotosintesis

Fotosintesis

Robert Meyer 1845 kemukakan bahwa fotosintesis adalah proses biokimia sangat penting dikarenakan selama proses itu energy radiasi dikonversi sehingga menjadi energy kimia bermanfaat untuk proses kehidupan. 

Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

Faktor Eksternal
  1. Karbondioksida diambil dari udara.
  2. Air diambil dari tanah
  3. Spectrum cahaya
  4. Suhu, umumnya fotosintesis bisa berlangsung terhadap suhu 50C-420C kecepatan fotosintesis menurun. 
Faktor Internal

Adalah faktor berasal dari tumbuhan, terdiri dari:

  • Pigmen
  • Enzim

Berdasarkan peranan untuk membantu reaksi kimia anabolisme enzim bisa dikelompokan dengan dua bagian, adalah:

  • Enzim berkaitan dengan fungsi oksidasi reduksi
  • Enzim tidak terkait dengan reaksi oksidasi reduksi

Tahap Reaksi Fotosintesis

Struktur kloroplas:

  1. Bentuknya pipih, rata-rata panjangnya 7 milimikron serta lebarnya 3-4 milimikron. 
  2. Terdiri dari 2 membran, adalah lamella serta stroma.
  3. Pada membrane ada lapisan lipid bilayer mengandung protein serta enzim. 
  4. Mengandung klorofil
  5. Terdiri dari 2 fraksi, adalah grana memiliki kandungan pigmen fotosintetik

Perbedaan Fotosintesis dengan Respirasi

Pada fotosintesis tempat terjadinya di klorofil, bahan baku CO2 serta H2O, molekul dihasilkannya Karbohidrat, molekul samping dihasilkan O2, reaksi utamanya reaksi terang serta reaksi gelap, kebutuhan ATP membutuhkan molekul ATP, persamaan reaksinya terjadi pembentukan glukosa, kebutuhan oksigennya hasilkan oksigen, jalur ditempuh fotosintesis I, II, siklus Calvin, kebutuhan cahayanya tergantung cahaya, dan Akseptor elektronnya NADH. 

Sedangkan Respirasi tempat terjadinya di sitoplasma dan mitokondria, bahan baku Glukosa, molekul dihasilkannya ATP, molekul samping dihasilkan H2O serta CO2, reaksi utamanya respirasi aerob serta anaerob, kebutuhan ATP membutuhkan dan hasilkan molekul ATP, persamaan reaksinya terjadi penguraian glukosa, kebutuhan oksigennya tidak memerlukan oksigen misalnya untuk respirasi aerob, jalur ditempuh Glikolisis, fosforilasi oksidasi serta Siklus Krebs, kebutuhan cahayanya tidak tergantung cahaya, Akseptor elektronnya NADP serta FAD.

ATP dihasilkan terhadap respirasi aerob serta anaerob memiliki fungsi sumber untuk setiap aktivitas organisme, aktivitas tersebut dibagi menjadi 4 golongan, diantaranya:

  1. Kerja mekanis, selalu terjadi apabila otot kontraksi.
  2. Transport aktif, ATP digunakan agar dapat aktifkan molekul maupun ion akan ditranslokasikan pada sel. 
  3. Produksi panas, pada dasarnya terjadi sebagai suatu hasil sampingan proses transformasi energy lainnya pada sel. 
  4. Anabolisme, adalah proses sintesis molekul organic dari anorganik

Sumber Materi: Buku Biologi Kelas 12 Semester 1 Terbitan BSE

rangkuman
Gravatar Image
Keseharian mengajar, hobi menulis dan membaca buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.