materi biologi

Ringkasan Materi Mutasi

Posted on
Advertisements

Di bawah ini akan kami sampaikan materi Biologi tentang Mutasi Bab 10 Kelas 12 secara detail. Semoga bisa kamu gunakan sebagai bahan belajar untuk persiapan ulangan atau ujian semester dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Materi Mutasi

mutasi
Photo by Pixabay on Pexels.com

Pendahuluan

Mutasi adalah perubahan bentuk kualitas maupun sifat terjadi dengan mendadak terhadap kromosom, maupun perubahan mendadak terhadap bentuk serta susunan pada kromosom makhluk menghasilkan protein serta enzim bermodifikasi

Hugo de Vries merupakan kalangan pertama menggunakan istilah Mutasi. Istilah tersebut digunakan Hugo de Vries agar dapat kemukakan adanya suatu perubahan fenotipe mendadak terhadap bunga Oenothera lamarckiana serta memiliki sifat menurun. Sesudah diselidiki, perubahannya terjadi dikarenakan penyimpangan dari kromosomnya. 

Morgan 1910 pun lakukan penelitian mengenai Mutasi menggunakan lalat buah/drosophlia melanogaster. Ia temukan lalat buah jantannya bermata putih antara sejumlah besar lalat buah jantan dengan mata merah. 

Sifat barunya hadir karena perubahan strukturgen, karena sifat yang baru diturunkan terhadap generasi selanjutnya. Peristiwa terjadi Mutasi disebut dengan mtagenesisi, makhluk hidup mengalami Mutasi disebut dengan mutan, sedang faktor menyebabkan Mutasi tersebut disebut dengan mutagen

Macam Mutasi

Berdasarkan ukuran maupun jumlah nukleotida AND berubah, Mutasi bisa dibedakan menjadi:

Mutasi Gen (Mutasi Titik)

Mutasi titik (point mutation) terjadi karena perubahan 1 pasang basa AND sebuah gen. Mutasi tersebut hanya terjadi pada gen. Jenis Mutasi gen yaitu:

  1. Nonsense mutations (Mutasi tak bermakna), pada peristiwa satu ini terjadilah perubahan kodon/triplet dari kode basa N asam amino namun tidak mengakibatkan perubahan pembentukan protein. Misalnya, UUU (fenilalanin) diganti dengan UUC (fenilalanin).
  2. Triplet mutations (Mutasi ganda tiga), musati satu ini terjadi dikarenakan adanya penambahan maupun penggunaan 3 basa dengan cara bersama-sama. 
  3. Frameshift mutations (Mutasi bingkai), terjadi dikarenakan adanya tambahan sekaligus pengurangan 1 maupun berbagai pasangan basa dengan bersama-sama. 

Mutasi Kromosom

Mutasi Kromosom Terjadi Karena Perubahan Jumlah Kromosom (Ploidi)
  1. Aneuploidy, terjadi dikarenakan kehilangan maupun penambahan perangkat kromosom/genom makhluk hidup normal, pada umumnya memiliki sifat diploid/memiliki 2 perangkat komosom/2 genom. Terhadap aneuploidy yang dikenal secara individu moloploidi maupun memiliki satu perangkat kromosom serta poliploid maupun memiliki banyak perangkat kromosom adalah triploidi/3, tetraploidi/4, heksaploidi/6.
  2. Aneusomi, individu aneusomi mempunyai kekurangan maupun kelebihan kromosom daripada jumlah kromosom diploidi dari individu. 
Mutasi Kromosom Terjadi karena Perubahan Struktur Kromosom (Aberasi)

Struktur kromosom normal dengan perlakukan sinar X, radiasi maupun zat kimia tertentu bisa timbulkan perubahan struktur terhadap kromosom. Perubahan struktur kromosom biasanya disebut dengan aberasi kromosom yang bisa dibedakkan atas berbagai peristiwa. 

  1. Delesi (defisiensi), adalah hilangnya sebuah segmen dari kromosom, karena kromosom patah serta potongan hilang. 
  2. Duplikasi, adalah peristiwa sebuah segemen dari kromosom yang memiliki susunan gen-gen berulang-ulang. 
  3. Translokasi, adalah menempelnya potongan sebuah kromosom terhadap potongan kromosom lain yang bukan homolognya. 
  4. Inversi, sebuah bagian dari kromosom mempunyai ukuran gen terbalik. 

Penyebab Mutasi

Mutasi bisa tejadi baik dengan spontan maupun rangsangan dari luar. Mutasi spontan terjadi dikarenakan kesalahan secara acak pada proses replikasi maupun ketika pembelahan sel. Penyebab Mutasi terjadi dengan spontan seperti kesalahan meiosis serta mitosis

Ketika sitokinesis sel tidak terbagi dengan dua sel yang baru hingga kromosom yang sudah digandakan tetap ada pda satu sel. Mutasi terjadi akibat rangsagan dari luar dapat memiliki sifat alami ataupun buatan. 

Mutasi bersifat alami terjadi dengan kebetulan pada alam serta biasanya jarang untuk terjadi. Misalnya mutagen alam yaitu sinar kosmis, sinar ultraviolet, serta radioaktif alam.

Mutasi buatan, adalah Mutasi terjadi dikarenakan campur tangan manusianya, Mutasi buatan tersebut banyak dilakukan pada tanaman, seperti anggur, tomat, jambu serta lainnya. 

Bahan-bahan yang bisa sebabkan Mutasi disebut dengan mutagen. Mutagen bisa dibedakan sehingga menjadi 3, adalah:

  1. Mutagen Mutasi, bahan-bahan yang bisa sebabkan Mutasi diantaranya formaldehida, akridin, kolkisin, etil metan sulfat, etil etan sulfanoat, hydrogen peroksida, hydrogen, bahan pengawet, serta lainnya. 
  2. Mutagen Fisika, bahan-bahan fisika yang bsa sebabkan Mutasi yaitu suhu, sinar x, sinar ultraviolet, sinar gamma, artikel a serta b, radiasi kosmis, serta neutron.
  3. Mutagen Biologi, bahan biologi yang bisa sebabkan Mutasi yaitu bakteri dan virus. 

Dampak Mutasi untuk Kehidupan

Dampak Negatif

Mutasi sebabkan timbulnya banyak jenis penyakit sangat berbahaya misalnya kanker dan sindrom

Dampak Positif

  1. Bisa meningkatkan hasil panen produksinya pangan yaitu gandum, kacang tanah, tomat, kelapa poliploidi, serta kol polipoidi
  2. Bisa tingkatkan hasil antibiotic maupun mutan Penicillium
  3. Bisa periksa proses biologi, atau transport electron terhadap fotosintesis, fiksasi nitrogen terhadap bakteri. 
  4. Proses penting agar dapat evolusi serta variasi gen
  5. Bisa tambahkan keanekaragaman.

Sumber Materi: Buku Biologi Kelas 12 Semester 1 Terbitan BSE

rangkuman
Gravatar Image
Keseharian mengajar, hobi menulis dan membaca buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.